Tuesday, February 14, 2017

4 Jenis Sistem Pembayaran Online di Era Digital

Berada di era digital dan sering melakukan transaksi online tentunya kita harus mengenal berbagai istilah digital dalam berbagai transaksi yang kita lakukan. Hal yang paling penting untuk kita ketahui dari transaksi online sendiri adalah sistem-sistem ataupun metode yang digunakan di dalamnya. Misalnya saja dalam hal sistem pembayaran online. Sudahkah mengenal semua sistem pembayaran yang biasa dilakukan dalam transaksi online? Simak, yuk.

1. Transfer antar bank
Sistem ini memang merupakan metode pembuka yang mengawali proses transaksi online, segala proses pembayaran transaksi online dilakukan secara transfer antar bank. Proses transfer itu sendiri tentunya berbeda-beda ada yang melakukannya melalui bank terkait, melalui atm, hingga saat ini berkembang melalui mobile banking dan internet banking.

2. Gerai offline
Sistem pembayaran di gerai offline, saat ini sudah banyak digunakan oleh beberapa toko online. Pembayaran offline ini dilakukan melalui mini market.

3. Credit Card
Sebenarnya pembayaran menggunakan credit card sudah ada sejak dulu, bahkan bisa dikatakan pembayaran online pertama yang dilakukan di gerai offline. Tapi, seiring berkembangnya zaman, tentunya pembayaran menggunakan credit card pun banyak digunakan, bahkan pembelian barang di toko online pun saat ini bisa dibeli dengan cicilan katu kredit.

4. e-wallet
Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar apa itu e-wallet? e-wallet merupakan dompet virtual yang lebih memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi. Kemunculan e-wallet sendiri terjadi seiring perkembangan digital, dimana semakin mempermudah kita dalam pembelian offline juga. Kita tidak perlu khawatir lagi tidak membawa uang cash hanya berbekal gadget yang kita miliki, tentunya kita sudah memiliki aplikasi e-wallet dan idnya ya, pastikan juga saldo kita sudah terisi. Penggunaan e-wallet dalam bisnis yang dijalankan oleh pebisnis juga bisa meningkatkan layanan toko online nya sendiri.

Nah, itulah 4 jenis sistem pembayaran online di era digital, sehingga kita bisa memilih sistem mana yang akan kita pilih atau sistem mana yang akan mempermudah kita dalam melakukan berbagai transaksi online.

No comments:

Post a Comment

matras visco-elastic